Kamis, 06 Oktober 2011

Kapal pesiar dengan bahan bakar minyak goreng bekas dari Tempura

Minyak bekas memasak ternyata tidak hanya berguna bagi para polisi di Filipina sebagai salah satu pengganti BBM di sana tetapi juga bisa untuk menjalankan sebuah kapal turis di Jepang.
Sebuah perusahaan di Jepang, Biwakokisen telah membuat sebuah kapal laut untuk para turis yang bahan bakarnya menggunakan bio-diesel.
Uniknya, bahan bakar bio-diesel yang dibuat dari minyak goreng bekas ini mereka ambil (beli) dari seluruh restoran yang ada di Jepang yang menjual "tempura" (kalau di Indonesia sepertinya disebut gorengan kali yah? :D ).
Kapal ini sendiri berukuran panjang 34 m dan bisa memuat 200 turis. Saat ini, kapal turis tersebut beroperasi di danau Biwa (Biwa Lake) yang merupakan danau air tawar terbesar di Jepang.
Selain menggunakan bio-diesel, kapal ini juga menggunakan sumber energi laternatif lainnya seperti tenaga surya dan angin.
Bagaiman kalau di Indonesia?? Hmmmm . . . . agak susah mengingat kebanyakan pasti berpikir daripada untuk bahan bakar mending di daur ulang terus dikemas lagi sehingga akan terlihat seperti minyak goreng baru. :D
Masih bingung apa itu "Tempura"? Nih, kami kasih contohnya!!! Aduh, jadi lapar!!!
 
Sumber berita
Eco Transportation: Tempura-oil-powered ship, cruising on Japanese food

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | GreenGeeks Review